Saturday, June 10, 2017

Pengertian Media Boneka Tangan

Pengertian Media Boneka Tangan

Arti media begitu popular dalam bagian komunikasi. Sistem evaluasi pada intinya termasuk juga di dalamnya karna sistem itu ada komunikan, komunikator, serta media komunikasi. Ada beragam pendapat pakar tentang media evaluasi. Jual Hadiah Wisuda

Gagne serta briggs serta (Arsyad : 2000) menyebutkan kalau media evaluasi mencakup alat yang dengan fisik dipakai untuk mengemukakan isi materi pengajaran yang diantaranya terdiri atas : buku, type, recorder, film, photo, grafik, kaset video camera, tv, computer dan sebagainya. Jadi, media yaitu komponen sumber belajar atau perlengkapan fisik yang memiliki kandungan materi evaluasi di lingkungan yang bisa merangsang siswa untuk belajar.

Mengenai media boneka yang disebut dalam makalah ini yaitu boneka jadikan jadi media atau alat bantu yang dipakai guru dalam aktivitas evaluasi. Type boneka yang dipakai yaitu boneka tangan yang terbuat dari potongan kain.


Pengertian boneka tangan yaitu boneka yang ukurannya semakin besar dari boneka jari serta dapat dimasukkan ke tangan. Jari tangan dapat jadikan pendukung gerakan tangan serta kepala boneka (Gunarti, 2010 : 5. 20).
Jadi pengertian media boneka tangan yaitu boneka jadikan jadi media atau alat bantu yang dipakai guru dalam aktivitas evaluasi, yang ukurannya semakin besar dari boneka jari serta dapat dimasukkan ke tangan.

Sebaiknya kita memerhatikan bebrapa ketetapan dalam melakukan aktivitas menceritakan memakai boneka tangan, seperti beberapa hal di bawah ini :

Sebaiknya guru/pencerita hafal isi narasi.
Sebaiknya memakai skenario narasi.
Latihlah nada supaya bisa mempunyai bermacam karakter nada yang diperlukan dalam menceritakan. Contoh nada anak-anak, nada nenek-nenek, nada ibu-ibu, nada binatang dan sebagainya.
Pakai boneka yang menarik serta sesuai sama dunia anak dan gampang dimainkan oleh guru atau orangtua ataupun anak-anak.
Boneka yang dipakai dapat lebih dari satu, dengan jumlah maksimum 8 buah dengan bentuk yang berbeda supaya siswa tidak kesusahan menghafal tokoh narasi.
Jika memakai satu boneka, jadi pembicaraan atau narasi dikerjakan pada anak dengan boneka yang disuarakan oleh guru.
Jika memakai dua boneka jadi pembicaraan atau alur narasi dikerjakan oleh ke-2 boneka itu yang disuarakan oleh guru atau orangtua dengan karakter nada yang berlainan. Anak memerhatikan pembicaraan serta jalan narasi yang dihidangkan.
Pemakaian lebih dari dua boneka jadi pembicaraan atau alur narasi dikerjakan oleh ke-2 boneka itu yang disuarakan oleh guru atau orangtua dengan karakter nada yang berlainan. Supaya jalan narasi terdengar indah, dipermanis dengan alunan musik (Gunarti, 2010).

Menyimak paparan diatas yang paling utama dari pemakaian boneka tangan dalam aktivitas evaluasi yaitu tiap-tiap anak peroleh pengalaman baru untuk tingkatkan kekuatan dalam ketrampilan bicara. 

No comments:

Post a Comment