Monday, June 12, 2017

" Boneka Abdi.. "

" Boneka Abdi.. "
 
Tak tahu darimana aslinya inspirasi memasukkan lagu anak " Boneka Abdi " di lagu " Story Of Peter ". Idenya nampak demikian saja waktu mengaransemen musiknya. Mungkin saja karna saya berasumsi lagu ini begitu familiar ditelinga anak-anak parahyangan (bukanlah UNPAR ya tujuannya anak-anak tanah sunda), atau karna kesan 'menyeramkan' waktu menyenandungkan lagu ini. Satu tahun lebih kebelakang juga dentingan irama piano lagu anak ini pernah jadi ramai waktu jadi backsound kehadiran 'suster ngesot' di film jelangkung... mmmh atau tusuk jelangkung.. entahlah saya lupa. Grosir Boneka Wisuda

Pernah sebelumnya memposting tulisan ini, saya mencari sumber asal mula lagu anak ini di buat. Nyatanya ini yaitu lagu anak yang nampak pertama kalinya di Eropa, tepatnya di Jerman serta Belanda. Hingga saat ini, belum di ketahui siapa yang menulis lirik kedalam bhs sundanya. Seperti isu, lagu ini menebarrr di semua penjuru tanah parahyangan serta jadi lagu anak-anak yang cukup popular.

 

" Abditeh ayeuna.. gaduh hiji boneka, teu kinten saena sareng lucuna...

ku abdi di erokan... erokna sae pisan.. cing mangga tingali boneka abdi "

  

Terjemahan kedalam bhs Indonesianya lebih kurang begini, " Saya saat ini miliki satu boneka... tidak terkira bagusnya serta lucunya. Saya pakaikan dia rok, rok yang begitu lucu. Mari silakan lihatlah boneka saya.. "

Sesungguhnya liriknya begitu manis serta sederhana, tetapi tak tahu mengapa... waktu mendengar beberapa suara minor lewat lagamnya, sosok boneka seperti gambar di atas lah yang ada di kepala saya. Saya memikirkan sosok si anak yang memiliki boneka yaitu gambar anak kecil yang ada didalam bingkai fotonya... serta boneka yang dia banggakan tidak selucu yang dia deskripsikan. Saya menangkap lagu anak ini yaitu lagu yang begitu miris.

Sama dengan lagu " Story Of Peter ", di mana lagu itu bercerita mengenai sosok hantu anak kecil yang begitu lucu, jahil serta periang. Aransemen musiknya di buat begitu riang serta ceria dengan memasukkan sebagian instrumen menggelikan. Liriknya juga melukiskan sosok Peter yang begitu nakal.... Namun sesungguhnya ada pesan 'miris' tentang Peter di lagu itu, serta saya menginginkan orang yang mendengarkannya dapat rasakan ada 'sesuatu' di balik sosok Peter yang begitu menyedihkan serta kesepian.


Pada akhirnya dengan tidak berniat, saya pilih lagu " Boneka Abdi " ini untuk jadi intro serta outro lagu " Story Of Peter ". Serta nyatanya benar, sesudah memadukan lagu ini dalam aransemen " Story Of Peter "... kesan 'miris' yang saya mencari tentang peter dapat saya peroleh. Mungkin saja ini cuma pendapat saya saja siiiih... belum pasti kamu yang mendengarkannya memperoleh kesan seperti apa yang saya dengar, namun selama ini.... saya begitu berterimakasih pada lagu " Boneka Abdi " (saya lupa mengingat judul aslinya yang dalam bhs Jerman serta Belanda itu.. hehehehe maaf ya tuan tuann), karna sudah sukses memperkaya " Story Of Peter ". Meskipun tidak original buatan anak bangsa, saya suka loh serta terasa mujur sempat mendengar lagu ini serta seringkali menyanyikannya di saat kecil dahulu.

No comments:

Post a Comment